CPU

Pengertian CPU

CPU merupakan singkatan dari Central Processing Unit, dalam bahasa Indonesia CPU juga disebut Unit Pemroses Sentral atau UPS. CPU dapat diibaratkan sebagai sebuah otak dari computer. CPU adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. CPU akan memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak sebuah komputer.

Kecepatan eksekusi CPU tergantung salah satunya pada frekuensi yang dimiliki, satuan frekuensi dari sebuah CPU adalah MHz (MegaHertz) atau GHz (1 GigaHertz = 1000 MegaHertz). Mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu. Sejak pertengahan 1970-an, satu mikroprosesor sirkuit terpadu telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam pelaksanaan CPU.

Komponen CPU

            Sebuah CPU terdiri dari beberapa komponen yang mendukung kinerjanya. Berikut beberapa komponen CPU:

1.      Unit Kontrol

Unit kontrol bekerja untuk mengatur jalannya program. Unit kontrol akan mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan. Berikut beberapa tugas dari unit control :

a.      Mengatur dan mengontrol alat input (masukan) dan output (keluaran).

b.      Mengambil instruksi dari memori utama.

c.       Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.

d.      Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika dan perbandingan logika, lalau mengawasi kerja dari ALU.

e.      Menyimpan hasil proses ke memori utama.

2.      Register

Register berperan sebagai alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.

3.      ALU (Aritmathic Logic Unit)

ALU berfungsi untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering disebut bahasa mesin dikarenakan pada bagian ini ALU terdiri dari dua bagian, arithmetika satuan dan boolean unit logika. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan perintah program. Tugas lain dari ALU adalah untuk membuat keputusan dari operasi logika sesuai dengan perintah program.

4.      CPU Interconnection

CPU Interconnection adalah sistem koneksi yang menghubungkan antaran komponen-komponen yang ada di CPU agar dapat melakukan pekerjaannya sesuai perintah.

Fungsi CPU

            Fungsi CPU yang paling utama adalah memproses dan mengolah semua kalkulasi, perintah dan melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui perangkat keras lainnya untuk menunjang pengoperasian komputer. Selain itu, CPU juga dapat menjalankan program-program yang disimpan dalam memori utama dengan cara menerjemahkan instruksi mengeksekusinya satu persatu sesuai alur perintah.

Bagian CPU

            Di dalam CPU terdapat beberapa bagian dengan fungsinya masing-masing yang saling berkaitan. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1.      Power Supply

Power Supply adalah sebuah perangkat yang ada di dalam CPU yang berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke berbagai peralatan computer. Perangkat ini memiliki 5 connector atau lebih, yang dapat disambungkan keberbagai peralatan seperti :

a.      Motherboard

b.      Harddisk

c.       Floppy Disk Drive

d.      CD – ROM

2.      Motherboar

Motherboard ialah papan utama, atau papan sirkuit yang berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen pada komputer. Motherboard yaitu papan PCB yang mempunyai jalur - jalur sistematis yang menghubungkan satu komponen dengan komponen lainnya.

3.      Hardisk

Hardisk adalah media yang digunakan untuk menyimpan file sistem dan data dalam komputer. Jenis-jenis Hardisk diantaranya :

a.      ATA

b.      SATA

c.       SCSI

4.      Processor

Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

5.      VGA Card

Kartu VGA adalah komponen yang tugasnya menghasilkan tampilan secara visual dari komputer kalian.

6.      CD Room

CD-ROM (singkatan dari Compact Disc - Read Only Memory) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700 MB atau 700 juta bita.

7.      Kabel Data

Kabel data mempunyai fungsi penting juga yakni untuk menghubungkan 1 komponen komputer dengan komponen lainnya.

8.      LAN Card (Local Area Network)

LAN Card mempunyai fungsi sebagai penghubung antara komputer 1 dengan komputer yang lainnya, selama kita mempunyai LAN Card ini sangat memungkinkan kita dapat terhubung dengan internet (tentunya jika kita mempunyai jaringan ADSL) ataupun bisa terkoneksi dengan komputer yang lainnya (jika terhubung ke dalam HUB/Switch).

9.      Kabel UTP

Kabel UTP mempunyai fungsi untuk menghubungkan komputer 1 dengan komputer lainnya, jika kita memiliki LAN Card, tapi tidak memiliki kabel UTP maka sangatlah mustahil kita dapat melakukan koneksi antara 1 komputer dengan komputer yang lainnya.

10.  RAM (Random Access Memory)

RAM adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menyimpan data. RAM bersifat sementara atau data yang tersimpan dapat dihapus.

Daftar Pustaka

1.      https://www.liputan6.com/tekno/read/3911527/fungsi-cpu-pada-komputer-jangan-cuma-asal-pakai

2.      https://www.dosenpendidikan.co.id/komponen-cpu/ 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Omnibus Law

Memori