Internet

 

Pengertian

Internet (portmanteu dari interconnected network) adalah sistem jaringan komputer yang saling terhubung secara global dengan menggunakan paket protocol internet (TCP/IP) untuk menghubungkan perangkat di seluruh dunia. Ini adalah jaringan dari jaringan yang terdiri dari jaringan privat, publik, akademik, bisnis, dan pemerintah lokal ke lingkup global, dihubungkan oleh beragam teknologi elektronik, nirkabel, dan jaringan optik. Berikut pengertian Internet menurut para ahli :

Onno W Purbo

Pengertian Internet Menurut Onno W Purbo (dalam Prihatna, 2005) Internet pada dasarnya merupakan suatu media yang digunakan untuk mengefesiensikan proses komunikasi yang disambungkan melalui berbagai aplikasi semacam Web, VoIP, dan E-mail.

Oetomo

Pengertian Internet Menurut Oetomo (2002) internet merupakan singkatan dari international network, yang didefinisikan sebagai suatu jaringan komputer yang sangat besar, dimana jaringan komputer tersebut terdiri dari beberapa jaringan-jaringan kecil yang saling terhubung satu sama lain.

Supriyanto

Pengertian Internet Menurut Supriyanto (2006) Internet merupakan suatu hubungan antara berbagai jenis komputer dan  jaringan di dunia yang mempunyai sistem operasi dan aplikasi yang berbeda-beda, dimana hubungan tersebut dengan memanfaatkan kemajuan perangkat komunikasi semacam telepon dan satelit yang menggunakan protokol standar dalam melakukan hubungan komunikasi, yaitu protokol TCP/IP (Transmission Control atau Internet Protocol).

Harjono

Pengertian Internet Menurut Harjono (2009) internet merupakan kumpulan dari beberapa komputer, yang bisa mencapai jutaan komputer di seluruh dunia yang saling terhubung serta saling terkoneksi satu dengan lainnya. Supaya komputer bisa saling terkoneksi satu dengan lainnya, maka diperlukan adanya media untuk saling menghubungkan antar komputer. Media yang dipakai itu bisa memakai kabel atau serat optik, satelit atau melalui sambungan telepon.

Ramdhani

Pengertian Internet Menurut Ramdhani (2003) internet merupakan suatu sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang dapat menghubungkan berbagai situs akademik, pemerintahan, organisasi, komersial, sampai perorangan.

Sibero

Pengertian Internet Menurut Sibero (2011) Internet merupakan kependekan dari Inter-connected Network.  Yaitu sebuah jaringan komputer yang bisa menghubungkan antar komputer secara global.

Drew Heywood

Pengertian Internet Menurut Heywood (1996) internet merupakan istilah teknologi yang muncul pada akhir tahun 60-an yaitu saat United States Department of Defense (DoD) memerlukan suatu standar baru untuk melakukan komunikasi Internetworking. Standar baru ini harus merupakan standar yang bisa menghubungkan berbagai jenis komputer di DoD dengan komputer kontraktor militer, organisasi penelitian atau juga yang ilmiah seperti pada universitas. Jaringan ini harus kuat, aman serta tahan kerusakan sehingga mampu untuk dioperasikan pada kondisi minimum jika terjadi bencana maupun perang.

 

Sejarah Internet

Perkembangan internet dimulai pada tahun 1957 yang ditandai dengan peluncuran Sputnik ke luar angkasa oleh USSR, yang hingga saat ini terkenal dengan nama ARPA (Advanced Research Projects Agency) dan dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada tahun 1960an dilanjutkanlah pengembangan studi jaringan komunikasi berbasis komputer yang dinamakan Advanced Research Project Agency Network ( ARPANet). Pada mulanya ARPANeT hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institude, University of California, Santa Barbara, University of Utah di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969.

Tahun 1970an, ARPANET makin berkembang setelah adanya host serta koneksi yang mulai digunakan di universitas. Pada program email di ARPANET pun, dibuat simbol ‘@’ seperti yang masih digunakan saat ini. ecara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua Universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET"(Advanced Research Project Agency Network) baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas.

Tahun 1974, The British Post Office’s Research Laboratory berhasil menciptakan “viewdata” atau “videotext”. Hal ini menjadikan penyajian konten atau informasi makin menarik karena dapat menayangkan foto, video, hingga desain grafis. Berkembangnya “videotext” menjadikan informasi yang diterima makin jelas dan mudah karena terdapat visualisasi informasi. Setelahnya, muncul “teletext” yang pertama kali digunakan oleh BBC yang merupakan loop tayangan yang disiarkan di televisi dan tidak interaktif.

Kemudian muncul DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) dan disusul oleh DARPANet (Defense Advanced Research Projects Agency Network). Pada tahun 1980an, ARPANET mengalami kemunduran karena adanya virus. Di era yang sama, diciptakanlah BITNET yang menggunakan DNS (Domain Name System) serta penggunaan TCP/IP.

Setelahnya, terciptalah ponsel internet yang membuat koneksi menjadi lebih mudah serta pembentukan grup-grup di internet. Tahun 1990, mulai muncul Hypertext Markup Language (HTML) yang dibuat oleh Tim Banners-Lee bersama dengan rekannya.

 

Pelayanan Utama dalam Internet

  1. Pelayanan Mail (Pelayanan untuk mengirim dan menerima pesan-pesan).
  2. Pelayanan telnet (Pelayanan yang memberikan kesempatan Anda menghubungi sistem remote atau sistem yang terletak di tempat yang jauh).
  3. Pelayanan File Transfer Protocol (FTP) (Pelayanan transfer file dari satu sistem ke sistem lain).

Jenis Layanan Internet

  1. Electronic Mail (E-mail) berfungsi mengirim atau menerima surat ke/dari seluruh penjuru dunia.
  2. File Tranfer Protocol (FTP) berfungsi mengirim dan menerima file antar host dari seluruh penjuru dunia.
  3. Tele Networking (TelNet) berfungsi mengakses komputer (host/server) dari jauh/Remote login.
  4. User’s Network (UseNet) adalah sistem kelompok diskusi di mana artikel-artikel didistribusikan ke seluruh dunia.
  5. World Wide Web (WWW), sering disebut “the WEB”/”W3”, merupakan sistem dalam internet yang memiliki fasilitas pencarian dan pemberian informasi yang cepat dengan menggunakan teknologi hypertext.
  6. Internet Relay Chat (IRC) merupakan fasilitas untuk komunikasi langsung dengan menggunakan keyboard.
  7. Internet Phone/Conference, fasilitas untuk melakukan percakapan jarak jauh via internet.
  8. WAIS (Wide Area Information Service) menyediakan cara lain untuk menemukan informasi yang tersebar dalam internet.
  9. Gopher Internet menyediakan banyak informasi yang dapat diakses penggunanya lewat sistem menu.
  10. Mailing, list kelompok diskusi - fasilitas ini dibangun menggunakan teknik yang sama dengan proses penyebaran surat elektronik.

Istilah dalam Internet

  1. American OnLine (AOL)
  2. Browser
  3. CU-SeeMe
  4. Cyberspace
  5. Domain name
  6. E-Mail
  7. Eudora
  8. FAQ (Frequently Asked Questions)
  9. FTP (File Transfer Protocol)
  10. GIF (Graphics Interchange Format)
  11. Gopher
  12. Home Page
  13. HTML (HyperText Markup Language)
  14. HTTP (HyperText Transfer Protocol)
  15. HyperLink
  16. Hypermedia document
  17. Hypertext
  18. Internet
  19. Intranet
  20. IP address
  21. ISP (Internet Service Provider)
  22. Java
  23. JPEG (Joint Photographic Expert Group)
  24. Listserv
  25. Lycos
  26. MPEG (Moving Picture Experts Group)
  27. Net
  28. Netscape
  29. Newsgroup
  30. Online

Keunggulan Internet

  1. Konektivitas dan jangkauan yang luas tanpa adanya batasan geografis.
  2. Kecepatan yang sifatnya real-time.
  3. Kemudahan akses.
  4. Sifatnya yang interaktif dan fleksibel.

Kelemahan Internet

  1. Anonimitas, internet dapat digunakan dengan menggunakan alamat e-mail yang berbeda dengan profil sebenarnya.
  2. Virus, penyebaran virus di komputer dan jaringan internet yang menyerang user.
  3. Ketergantungan pada jaringan telepon dan penyedia jasa layanan internet.
  4. Pencarian yang tak terhenti menjadikan internet sebagai jurang karena tak ada batasan informasi.
  5. Validitas informasi dari internet yang dapat berubah-ubah.

 Sumber

https://id.wikipedia.org/wiki/Internet

https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet#:~:text=Internet%20merupakan%20jaringan%20komputer%20yang,hardware%20dan%20software%20komputer%20yang

https://idwebhost.com/blog/pengertian-internet/

https://www.kompasiana.com/katarinawidhi/5f4db38a097f360ca206f9a2/defini-dan-sejarah-internet-yang-perlu-kita-ketahui

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Omnibus Law

CPU

Memori